Kurikulum

Kurikulum STIT Al-Anshar

Peran pendidikan tinggi dalam pembangunan nasional sangatlah penting, terutama dalam upaya menciptakan bangsa Indonesia yang mandiri dan memiliki daya saing tinggi. Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Anshar memiliki tanggung jawab besar dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mendorong perubahan sosial ke arah yang lebih baik melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Pelaksanaan Tri Dharma, khususnya dalam bidang pendidikan dan pengajaran, memerlukan kurikulum yang dirancang secara sistematis dan visioner. Kurikulum tersebut harus mampu menjawab tantangan zaman serta menyiapkan lulusan yang kompeten, profesional, dan berakhlak mulia, sesuai dengan kebutuhan pembangunan nasional. STIT Al-Anshar berkomitmen untuk secara terus-menerus melakukan evaluasi dan pengembangan kurikulum guna menyesuaikan diri dengan tuntutan global, standar akreditasi, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pengembangan kurikulum di STIT Al-Anshar berpedoman pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). KKNI merupakan kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyetarakan dan mengintegrasikan capaian pembelajaran dalam dunia pendidikan, pelatihan kerja, dan pengalaman kerja. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengakuan atas kompetensi kerja sesuai struktur pekerjaan di berbagai sektor.

Dalam KKNI, terdapat sembilan jenjang kualifikasi. Lulusan program sarjana (Strata 1) berada pada jenjang kualifikasi 6, dengan penekanan pada penguasaan konsep keilmuan, kemampuan aplikatif sesuai bidang keahlian, kemampuan mengambil keputusan secara tepat berdasarkan analisis informasi, serta bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja.

Berdasarkan prinsip tersebut, STIT Al-Anshar merancang kurikulum yang berbasis KKNI dengan mempertimbangkan aspek-aspek berikut:

  • Capaian Pembelajaran sesuai dengan jenjang kualifikasi S1 (Level 6) dalam KKNI.
  • Pembentukan Karakter Lulusan STIT Al-Anshar, yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki integritas moral dan kepedulian sosial, dengan mengakomodasi nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal.
  • Kesesuaian dengan Tuntutan Zaman, baik dalam hal perkembangan keilmuan maupun kebutuhan dunia kerja di era digital.
  • Integrasi Kurikulum Lama dan Baru, dengan penyesuaian dari kurikulum sebelumnya menuju kurikulum berbasis kompetensi dan capaian pembelajaran yang lebih terukur.

STIT Al-Anshar meyakini bahwa kurikulum yang dirancang dengan baik, dilaksanakan secara konsisten, dan dievaluasi secara berkala akan mampu mencetak lulusan yang tidak hanya siap memasuki dunia kerja, tetapi juga mampu menjadi agen perubahan bagi masyarakat dan bangsa.

Adapun Dokumen Kurikulum Prodi PAI STIT Al-Anshar dapat diunduh dibawah ini :

Scroll to top