Pembelajaran Aqidah Akhlak

thumbnail
Pendidikan Agama IslamSemester 5

Pembelajaran Aqidah Akhlak

Reviews 0 (0 Reviews)

Course Overview

Mata kuliah Pembelajaran Akidah Akhlak adalah studi yang dirancang untuk membekali calon pendidik Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan kompetensi pedagogik dan profesional dalam menyampaikan materi Akidah dan Akhlak secara efektif, inspiratif, dan inovatif. Mata kuliah ini mengintegrasikan pemahaman teoretis tentang prinsip-prinsip keimanan (akidah) dan etika moral (akhlak) dalam Islam dengan strategi serta metodologi pembelajaran yang tepat, agar peserta didik mampu memahami, menginternalisasi, dan mengamalkan nilai-nilai Akidah Akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Penekanan mata kuliah ini adalah pada pengembangan keterampilan mengajar yang mampu membentuk karakter peserta didik yang kokoh imannya dan mulia akhlaknya.

Cakupan Materi

Mata kuliah ini mencakup berbagai aspek penting dalam pembelajaran Akidah Akhlak, di antaranya:

  1. Hakikat dan Tujuan Pembelajaran Akidah Akhlak: Membahas urgensi Akidah sebagai fondasi keimanan dan Akhlak sebagai manifestasi perilaku, serta tujuan pembelajaran keduanya dalam membentuk insan kamil.
  2. Karakteristik Materi Akidah dan Akhlak: Menganalisis sifat-sifat khusus materi Akidah (konseptual, abstrak, dogmatis) dan Akhlak (aplikatif, kontekstual, pembiasaan) yang memengaruhi strategi pembelajarannya.
  3. Pendekatan Pembelajaran Akidah Akhlak: Mengkaji dan mengaplikasikan berbagai pendekatan yang relevan, seperti pendekatan rasional, pengalaman, pembiasaan, keteladanan, kontekstual, dan saintifik.
  4. Metode Pembelajaran Konsep Akidah: Mendalami dan mempraktikkan metode-metode pengajaran Akidah yang efektif, seperti ceramah interaktif, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, dan metode yang membangun pemahaman logis tentang konsep keimanan.
  5. Metode Pembelajaran Pembiasaan Akhlak: Mengkaji metode untuk menanamkan dan membiasakan perilaku akhlak mulia, seperti metode keteladanan (uswah hasanah), pembiasaan langsung, kisah inspiratif, simulasi, permainan peran (role play), dan pemberian apresiasi/motivasi.
  6. Pengembangan Media dan Sumber Belajar Akidah Akhlak: Memilih, merancang, dan memanfaatkan media pembelajaran (misalnya, kartu bergambar sifat wajib Allah, video kisah teladan, komik akhlak) dan sumber belajar (buku akidah, kitab akhlak, kisah-kisah Islami) yang inovatif.
  7. Evaluasi Pembelajaran Akidah Akhlak: Membahas jenis-jenis evaluasi dan instrumen penilaian (tes tertulis konsep akidah, observasi perilaku akhlak, skala sikap, portofolio) yang sesuai untuk mengukur pencapaian kompetensi Akidah Akhlak.
  8. Inovasi dan Tantangan dalam Pembelajaran Akidah Akhlak: Menganalisis isu-isu kontemporer dan mencari solusi inovatif dalam pembelajaran Akidah Akhlak, seperti pengaruh media sosial, radikalisme, pluralisme, dan kebutuhan akan pendidikan karakter di era digital.
  9. Perencanaan Pembelajaran Akidah Akhlak (RPP): Melatih mahasiswa menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang komprehensif untuk materi Akidah Akhlak.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memahami prinsip-prinsip dasar dan tujuan pembelajaran Akidah Akhlak.
  2. Menganalisis karakteristik materi Akidah dan Akhlak serta implikasinya terhadap pemilihan strategi pembelajaran.
  3. Merancang dan mengimplementasikan berbagai pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran Akidah Akhlak yang efektif dan inovatif.
  4. Mengembangkan dan memanfaatkan media serta sumber belajar yang relevan untuk mendukung pembelajaran Akidah Akhlak.
  5. Melakukan evaluasi yang tepat untuk mengukur hasil pembelajaran Akidah Akhlak, baik aspek kognitif maupun afektif (sikap/perilaku).
  6. Menjadi pendidik Akidah Akhlak yang profesional, kreatif, dan mampu menginspirasi peserta didik dalam memahami keyakinan dan mengamalkan nilai-nilai moral Islam.

Pembelajaran Aqidah Akhlak

Course Content

Free
  • Duration 02:00:00
  • Lessons 2
  • Language Bahasa Indonesia
  • Skill Experts
  • Available Seats 30
  • Last Update June 8, 2025
Scroll to top