Pembelajaran Al Qur’an Hadits

thumbnail
Pendidikan Agama IslamSemester 5

Pembelajaran Al Qur’an Hadits

Reviews 0 (0 Reviews)

Course Overview

Mata kuliah Pembelajaran Al-Qur’an Hadis adalah studi yang dirancang untuk membekali calon pendidik Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan kompetensi pedagogik dan profesional dalam menyampaikan materi Al-Qur’an dan Hadis secara efektif dan inovatif. Mata kuliah ini mengintegrasikan pemahaman teoretis tentang Al-Qur’an dan Hadis dengan strategi dan metodologi pembelajaran yang tepat, agar peserta didik mampu membaca, memahami, menghafal, dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Penekanan mata kuliah ini adalah pada pengembangan keterampilan mengajar yang mampu menciptakan suasana belajar yang inspiratif, interaktif, dan bermakna bagi peserta didik.

Cakupan Materi

Mata kuliah ini mencakup berbagai aspek penting dalam pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis, di antaranya:

  1. Hakikat dan Tujuan Pembelajaran Al-Qur’an Hadis: Membahas urgensi Al-Qur’an dan Hadis sebagai sumber utama ajaran Islam, serta tujuan pembelajaran keduanya dalam membentuk karakter dan pemahaman keagamaan peserta didik.
  2. Karakteristik Materi Al-Qur’an Hadis: Menganalisis sifat-sifat khusus materi Al-Qur’an (misalnya, kemukjizatan, keindahan bahasa) dan Hadis (misalnya, sanad, matan, riwayat) yang memengaruhi strategi pembelajarannya.
  3. Pendekatan Pembelajaran Al-Qur’an Hadis: Mengkaji dan mengaplikasikan berbagai pendekatan yang relevan, seperti pendekatan kontekstual, tematik, saintifik, dan integratif.
  4. Metode Pembelajaran Tilawah dan Tahfizh Al-Qur’an: Mendalami dan mempraktikkan metode-metode pengajaran membaca Al-Qur’an (tilawah) dan menghafal Al-Qur’an (tahfizh) yang efektif, termasuk tahsin (memperbaiki bacaan) dan tajwid.
  5. Metode Pembelajaran Pemahaman Al-Qur’an dan Hadis: Mengkaji metode untuk memahami kandungan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadis, seperti metode tafsir tahlili, maudhu’i, atau metode analitis Hadis.
  6. Metode Pembelajaran Pengamalan Al-Qur’an Hadis: Mengembangkan strategi untuk mendorong peserta didik menginternalisasikan dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadis dalam kehidupan sehari-hari.
  7. Pengembangan Media dan Sumber Belajar Al-Qur’an Hadis: Memilih, merancang, dan memanfaatkan media pembelajaran (misalnya, kartu tajwid, aplikasi Al-Qur’an digital, video kisah Nabi) dan sumber belajar (mushaf, kitab hadis, buku tafsir) yang inovatif.
  8. Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadis: Membahas jenis-jenis evaluasi dan instrumen penilaian (tes bacaan, tes hafalan, rubrik pengamalan) yang sesuai untuk mengukur pencapaian kompetensi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis.
  9. Inovasi dan Tantangan dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis: Menganalisis isu-isu kontemporer dan mencari solusi inovatif dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis, seperti pemanfaatan teknologi, perbedaan latar belakang peserta didik, dan isu-isu moderasi beragama.
  10. Perencanaan Pembelajaran Al-Qur’an Hadis (RPP): Melatih mahasiswa menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang komprehensif untuk materi Al-Qur’an Hadis.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Memahami prinsip-prinsip dasar dan tujuan pembelajaran Al-Qur’an Hadis.
  2. Menganalisis karakteristik materi Al-Qur’an dan Hadis serta implikasinya terhadap pemilihan strategi pembelajaran.
  3. Merancang dan mengimplementasikan berbagai pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran Al-Qur’an Hadis yang efektif dan inovatif.
  4. Mengembangkan dan memanfaatkan media serta sumber belajar yang relevan untuk mendukung pembelajaran Al-Qur’an Hadis.
  5. Melakukan evaluasi yang tepat untuk mengukur hasil pembelajaran Al-Qur’an Hadis.
  6. Menjadi pendidik Al-Qur’an Hadis yang profesional, kreatif, dan mampu menginspirasi peserta didik dalam mencintai dan mengamalkan ajaran agamanya.

Pembelajaran Al Qur’an Hadits

Course Content

Free
  • Duration 02:00:00
  • Lessons 2
  • Language Bahasa Indonesia
  • Skill Experts
  • Available Seats 30
  • Last Update June 8, 2025
Scroll to top